Kamis, 13 Februari 2014

TRIANGULASI DALAM PTK

Dari salah satu buku sumber yang saya baca tentang Triangulasi dalam PTK adalah sebagaimana tulisan berikut ini.

Untuk menghasilkan informasi yang akurat, agar tidak salah dalam pengambilan keputusan kita dapat menggunakan teknik triangulasi, yakni suatu cara untuk mendapatkan infrormasi  yang akurat dengan menggunakan berbagai metode agar informasi itu dapat dipercaya kebenarannya sehingga peneliti tidak salah mengambil keputusan. Melalui triangulasi guru atau peneliti terhindar dari kesalahan mendapatkan informasi yang sudah tentu juga akan terhindar dari pengambilan keputusan.

Triangulasi ada beberapa cara. Pertama, dengan menggunakan waktu cukup dalam proses penelitian. Melalui proses penelitian dengan waktu yang cukup, peneliti memungkinkan mendapatkan data yang dapat lebih dipercaya. Pengumpulan data yang dilaksanakan secara terburu-buru memungkina data yang diperoleh tidak lengkap atau tidak mencukupi, sehingga keputusan yang diambil peneliti meragukan. Dengan demikian untuk mendapatkan data yang akurat peneliti dapat melakukan dengan waktu yang memadai.

Kedua, dengan membandingkan teori-teori yang relevan dengan masalah penelitian. Artinya peneliti melakukan perbandingan antar teori. Peneliti sebaiknya tidak hanya menggantungkan pada suatu pendapat saja, akan tetapi pada berbagai pendapat yang dikemukakan para ahli. Dengan demikian, peneliti harus memanfaatkan banyak sumber informasi dengan membaca sumber-sumber literatur sehingga pemahaman akan teori menjadi lebih utuh.

Ketiga, dengan cara mencari data dari berbagai suasana, waktu, dan tempat, sehingga peneliti dapat melakukan pengecekan atau dapat membandingkan data yang diperoleh.

Keempat, dengan mengamati obyek yang sama dalam  berbagai situasi. Artinya peneliti perlu mengembangkan berbagai instrumen untuk mendapatkan informasi yang sama. Dengan demikian, keakuratan informasi akan lebih terjamin dan dapat dipertanggung jawabkan.

Kelima, mencari data dari berbagai sumber. Artinya, pengamatan tentang sesuatu sebaiknya menggunakan banyak pengamat sehingga masing-masing pengamat dapat memberikan argumentasi sesuai dengan hasil pengamatannya. Dengan demikian, peneltii dapat terhindar dari kesalahan menyimpulkan.

Keenam, menggunakan berbagai metode dan teknik analisis data. Data yang telah terkumpul sebaiknya dianalisis dengan berbagai macam teknik sehingga data-data tersebut dapat memberikan informasi yang utuh.

(Wina Sanjaya)

3 komentar:

  1. Terimakasih Infonya Pak Nurdin. Blogsnya sangat informatif semoga bisa membantu kita semua yang lagi belajar.
    Salam tempel dari orang Majalengka Jawa Barat.
    Assalamu'alaikum..
    http://endarsudarjat.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. terima kasih Kang Endar sudah mampir...tksh motivasinya bagi saya yang masih pemula

    BalasHapus
  3. Mohon maaf bisa dicantumkan sumbernya? Trmksh sblmnya

    BalasHapus