Selasa, 24 April 2012

MEDIA PEMBELAJARAN MURAH

LIMBAH KANTOR MASUK KELAS


Tidak semua limbah kantor bisa masuk kelas. Ada beberapa limbah dari tata usaha yang kalau kita mau modifikasi sedikit dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Untuk postingan kali ini saya akan menuliskan tentang pembuatan media metaplan dari kertas print out yang salah cetak, dan biasanya dibuang ke tong sampah lalu dibakar.

Seperti kita ketahui bersama, kertas HVS memiliki dua sisi yang dapat dicetak. Namun dalam prakteknya, bila ada kesalahan pencetakan pada satu sisi maka sisi lainnya pun tidak dapat dipakai terutama untuk mencetak surat-surat resmi atau dokumen penting lainnya. Nah, kertas yang seperti itulah yang kita minta staf tata usaha menyimpannya dan menyerahkannya kepada kita, kalau sempat tentu lebih baik lagi jika bapak/ibu yang mengambilnya di kantor tata usaha.

1. Cara Pembuatan
Siswa menempelkan metaplan di dinding kelas
 Cara pembuatannya sangat mudah sekali. Kertas HVS yang sudah tidak terpakai tadi kita lipat secara vertikal dan dipotong hingga terbentuk 4 kertas kecil yang disebut metaplan.

2. Bahan-bahan pendukung media
Untuk menggunakan metaplan kita membutuhkan dua bahan lagi yaitu isolasi dan spidol. Gunakan isolasi yang mudah dipotong atau dirobek dengan jari tangan tanpa menggunakan pisau. Sedangkan spidol yang kita pakai sebaiknya terdiri dari beberapa warna yang berbeda.

3. Cara penggunaan
Metaplan dapat digunakan sebagai media pembelajaran, terutama pada pembelajaran yang menggunakan peta konsep sebagai metode pembelajarannya. atau metode lain yang membutuhkan partisipasi siswa dalam bentuk visual (tulis).
Seorang siswa menjelaskan menggunakan metaplan
contoh : kita minta siswa menuliskan nama-nama hewan khas Afrika...maka siswa akan menuliskan nama hewan tersebut di meta plan dan menempelkannya di depan kelas, atau didinding kelas. terserah kita.
seagai guru kita juga bisa menggunakan media ini sebagai alat bantu bagi siswa yang akan mempresentasikan atau menjelaskan hasil diskusi di depan kelas.






4. Manfaat media dalam PAIKEM
Pembelajaran aktif menuntut partisipasi siswa. terkadang ada siswa yang bertipe visual yang malu untuk berbicara di kelas. Dengan menggunakan metaplan ini umumnya siswa visual akan dapat berpartisipasi, minimal mereka akan bergerak dan menempelkan metaplan ke depan kelas atau pada dinding kelas.

Berdiskusi mengunakan metaplan
hal lain yang berhubungan dengan metaplan ini nampaknya bukan barang baru bagi para guru. Tapi untuk sekedar berbagi saya lampirkan juga beberapa foto kegiatan pembelajaran yang menggunakan metaplan. Selamat berbagi...wassalam






Video MGMP yang menggunakan metaplan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar