Kamis, 12 April 2012

Evaluasi Program Pengawas

Contoh Evaluasi Program Kepengawasan


Pengawas sekolah memiliki peran yang signifikan dan strategis dalam proses dan hasil pendidikan yang bermutu di sekolah. Dalam konteks ini peran pengawas sekolah meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut pengawas yang harus dilakukan secara teratur dan berkesinambungan (PP 19 Tahun 2005, pasal 55).
Pendukung utama adalah keluarga
Sobat-sobat pengawas sekolah tentu memahami benar kalimat “…dilakukan secara teratur dan berkesinambungan” di atas. Ini artinya bahwa kegiatan kepengawasan tidak dimulai dari nol. Program kepengawasan pada tahun lalu (2011) dijadikan sebagai dasar kegiatan kepengawasan tahun ini (2012), dan kepengawasan tahun ini akan dipertimbangkan untuk menjadi masukan penyusunan program kepengawasan tahun berikutnya (2013). Oleh karena itu, sebelum kita membuat program kepengawasan tahun ini (2012), harus dilakukan evaluasi terhadap program kepengawasan tahun lalu (2011).
Format Evaluasi program kepengawasan terdiri 6 komponen, yaitu:
No
Pelaksanaan SNP
Program Kegiatan Tahun Lalu
Target yang diharapkan di akhir program
hasil yang dicapai
Keterangan
1
Standar isi
Tuliskan program kegiatan tahun lalu (sebaiknya kita mengacu pada instrument EDS
Diisi dengan target yang ingin dicapai dari program yang direncanakan
Tuliskan kondisi ril yang dicapai di akhir program

2
Standar proses




3
Dst…




 

 
Bagi sobat pengawas yang belum pernah melakukan kegiatan evaluasi ini, saya coba berbagi contoh evaluasi program kegiatan kepengawasan tahun lalu. Namun, contoh ini tidaklah mutlak, teman-teman pengawas masih dapat mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan di daerah masing-masing. Agar kegiatan kepengawasan kita selaras dengan kegiatan Evaluasi Diri Sekolah maka saya juga memadukan program kepengawasan (kolom 3) dengan instrument EDS yang juga dapat teman-teman download.
Mohon maaf atas kekurangan, semoga bermanfaat. wassalam

download

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar