Senin, 02 April 2012

Program Kepengawasan Sekolah

ALOKASI WAKTU PROGRAM PENGAWAS SEKOLAH



Rekan-rekan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang berbahagia. Pada awal semester ganjil, setelah libur panjang, biasanya guru dan kepala sekolah sibuk menyiapkan program pembelajaran dan program sekolah. Sebelum semua program dibuat, hal pertama yang kita analisis adalah jumlah jam berdasarkan minggu efektif pada kalender pendidikan. Kepala sekolah dan guru sering melakukannya bersama-sama disekolah, tak jarang dilakukan bersamaan dengan penerimaan siswa baru, suasananya akan semakin seru, ramai dan tidak terlalu menjenuhkan. Lalu bagaimana dengan pengawas sekolah.

rencana kepengawasan

Pengawas sekolah, apalagi pengawas sekolah muda biasanya memiliki sedikit kesulitan menentukan jam kerja pengawas. kalau guru dengan mudah langsung membagi jam efektif dengan kewajiban tatap muka 24 jam per minggu, dengan cepat bisa menyelesaikan distribusi KD yang akan diajarkan dan match dengan jumlah jam mengajar.

Tapi saat ini pengawas sudah agak terbantu, karena jelasnya jam kerja pengawas sekolah dengan keluarnya beberapa peraturan tentang kepengawasan. Intinya, saat ini pengawas wajib bertugas 37,5 Jam per minggu, dengan jumlah sekolah binaan minimal 7 sekolah. 

Andai bisa, sebenarnya ingin sekali saya berdiskusi dengan teman-teman di Aceh Timur saat ini demi menyusun program pengawasan yang menyeluruh, tapi tugas belajar ini membuat saya harus tetap fokus pada studi terlebih dahulu, sampai tugas ini selesai insya Allah pada 2013. sebagai sumbangan pemikiran, berikut ini saya coba share ke kawan-kawan pengawas sebuah rencana distribusi alokasi waktu untuk semester ganjil 2013/2014.

semoga bermanfaat, dan sumbang pemikiran bisa dikirim lewat komentar teman-teman pengawas..wassalam

Download contoh Alokasi waktu semester ganjil program pengawas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar