Minggu, 30 September 2012

PENGAWASAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA

KERJASAMA TIM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA


Rezeki itu bukan hanya uang. Sebagai guru kita sudah melaksanakan 2 hal untuk bekal di kehidupan abadi, yaitu mengajarkan ilmu yang bermanfaat untuk orang lain dan mempunyai anak-anak sholeh yang selalu terjaga kehalalan makanan bagi mereka karena rezeki guru itu halal datangnya. Hanya saja kita para guru ini belum memiliki harta berlebih yang bisa disedekahkan kepada para mustahik Nasehat ringan dari Pak Maman si "Pejuang Pendidikan" pada postingan lalu.
Tidak 100% salah bila kita memandang bahwa kebahagiaan itu bersumber dari uang. Nyatanya memang demikian, uang menjadi alat tukar satu-satunya yang diakui di pergaulan dunia saat ini. Namun, apakah bisa dibenarkan juga bila hanya uang satu-satunya media paling berpengaruh dalam membentuk karakter bangsa pada siswa dalam sebuah proses pembelajaran? Jawabannya tentu tidak demikian.
Di awal tahun 2009, ketika itu saya menjabat wakil kepala sekolah bidang kurikkulum, SMA Unggul belum punya uang yang cukup dibandingkan saat ini. Keterbatasan menjadi hambatan utama dalam melakukan kerja-kerja pendidikan di sini. Namun ada satu modal yang justeru tidak bisa dinilai dengan uang, bahkan jauh lebih penting dari uang itu sendiri, kerjasama tim. SMA Negeri Unggul Aceh Timur tahun 2009 punya tim yang begitu kompak, memiliki visi yang sama "memajukan pendidikan" Aceh Timur.
Hasil kerja keras tim SMA Unggul Aceh Timur di tahun 2009 ini antara lain dengan berhasil dilaksanakannya sebuah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menampilkan sebuah drama singkat berbahasa Inggris durasi kurang lebih 20 menit. Sebuah pencapaian yang menjadi bukti bahwa keterbatasan dana bila dikeloladengan baik akan menghasilkan inovasi baru yang cemerlang.
Inilah bukti bahwa melakukan pendidikan karakter tidak bisa dilakukan parsial, harus utuh dan butuh ketekunan banyak pihak. Harapan saya, cuplikan video drama tentang fragmen kehidupan sahabat nabi, Sayyida Umar Bin Khatab, bisa memotivasi pembaca untuk terus menerus melakukan kerja-kerja pendidikan yang mulia ini.
Ucapan terima kasih saya untuk semua civa SMA Negeri Unggul Aceh Timur, dari dulu hingga kini...semoga tetap memberikan yang terbaik...Amin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar