Sabtu, 31 Maret 2012

PENGAWAS BLOGGER

KESALAHAN UMUM YANG SERING BLOGGER LAKUKAN


Cita-cita ingin memiliki blog telah lama ada. Tapi waktu itu belum serius mewujudkan keinginan tersebut. Mungkin sobat blogger juga ada yang punya hal mirip dengan saya. Baru beberapa minggu lalu cita-cita itu saya wujudkan dan alhamdulillah blog pengawassekolahaceh ini bisa saya selesaikan. 
Belajar dari kesalahan yang ada, berikut ini saya ingin berbagi pengalaman pribadi tentang kesalahan apa yang pernah saya alami dan juga para blogger alami mungkin, sehingga blogg kita tidak jadi-jadi. Berikut kesalahan umum yang kerap kita lakukan sobat blogger
  1. Terlalu cepat menyerah
  2. Ingin sempurna sebelum mulai
  3. Mengikuti isu orang lain
  4. Posting tidak teratur
  5. Bersikap keras pada diri sendiri
  6. Fokus pada trafik instan dan bukan pada pembaca setia
  7. Posting bagus namun judul jelek
  8. Memilih topik blog yang tidak disukai
  9. Terlalu banyak iklan
  10. Blog pertama tentang "making money"
  11. Tidak bermanfaat
  12. Terobsesi pada angka statistik

Persiapan menulis

Penjelasannya:
1. Terlalu cepat menyerah
Banyak blogger yang terlalu cepat menyerah, dan akhirnya tidak bersemangat untuk mengisi blogg nya. Keinginan menyerah biasanya muncul setelah kita melihat adanya kesenjangan antara kenyataan dan harapan. misalnya berharap blog kita banyak dikunjungi orang dan ternyata sama sekali tidak dilirik. Padahal, ngeblog itu perlu kesabaran. Dan waktu.

2. Ingin sempurna sebelum mulai
diantara kita banyak yang ingin punya blogg, dan ingin rasanya blogg kita tampil sempurna. Kita terfokus pada persiapan dan akhirnya kita tak punya blogg.

3. Mengikuti isu orang lain
Merupakan hal wajar jika kita mengikuti isu yang dikembangkan blog lain, terutama yang populer. Namun sebaiknya seorang blogger membuat blogg nya unik. Atau kalaupun membahas isu yang sama, sebaiknya kita mengambil sudut pandang yang berbeda

4. Posting tidak teratur
Kita tidak perlu posting setiap hari, namun sebaiknya memang harus punya jadwal yang teratur. 2 hari satu kali, atau seminggu sekali, dll.

5. Bersikap keras pada diri sendiri
Kita kadang bersikap keras pada diri kita sendiri, dan merasa sangat bersalah jika tidak membuat posting. Santai saja, dan optimalkan waktu.

6. Fokus pada trafik instan dan bukan pada pembaca setia
Tak ada yagn salah kita blog kita mendapat banyak kunjungan 'instan' yang berasal dari social media atau blog lain. Namun yang lebih penting lagi adalah membangun jaringan untuk pembaca kita yang loyal, pembaca setia yagn dengan kontinu mengunjungi blog. Mengambangkan pembaca loyal lebih menarik daripada didatangi trafik yang tidak pernah kembali

7. Posting bagus namun judul jelek
Banyak posting yang kualitasnya bagus namun dibuka dengan judul yang jelek atau tidak menarik. Sebaiknya kita menyediakan waktu khusus untuk mencari judul yang sesuai dan menarik perhatian.

8. Memilih topik blog yang tidak disukai
Supaya bisa sukses, kita harus melakukan posting secara teratur untuk jangka waktu yang sangat lama, bertahun-tahun. Jika kita memilih topik yang tidak kita sukai, perlahan namun pasti blok kita akan kehilangan sentuhan dan akhirnya akan mati

9. Terlalu banyak iklan
Ini biasa ditemukan pada blog yang memang dikhususkan untuk meraup dinar. Tidak ada yang salah dengan memasang iklan pada blog. Namun jika kita terlalu banyak memasang iklan, atau memaksa pembaca menekan 'page down' berkali-kali sebelum menemukan artikel, itu akan membuat pembaca lari.

10. Blog pertama tentang 'making money'
Banyak blogger yang membuat bloggnya yang pertama tentang cara meraup uang (making money), padahal dia sama seklai tidak punya pengalaman bahkan belum pernah meraup uang sedikitpun dari dunia online. Jadi mari kita mulai dengan sesuatu yang kita fahami atau ketahui.


11. Tidak bermanfaat
Hanya blog yang bermanfaat atau berisi posting yang menyajikan cara menyelesaikan masalah yang akan dikunjungi. Blog yang tidak menyajikan apa-apa tak akan dikunjungi.

12. Terobsesi pada angka statistik
Banyak blogger, baik yang baru (seperti saya) maupun yang lama, yang sangat tergila-gila pada angka statistik. Tapi ini ternyata tidak sehat, bahkan berpeluang menimbulkan depresi jika angka statistik tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Demikianlah sobat blogger, 12 hal kesalahan yang sering kita lakukan para blogger. Masih ada banyak kesalahan lain, tapi dari referensi yang saya punya menyebutkan demikian.
semoga ini menjadi bahan bagi kita semua untuk perbaikan blogg kita di masa depan nanti...
Selamat berkreasi dan wasssalam..

(konten berasal dari buku "Ngeblog cerdas dan profesional dengan blogspot, oleh Fary SJ Oroh')

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar