Senin, 29 Desember 2014

MENULIS BEBAS (FREE WRITING)


Anda belum bisa menulis? sama dengan saya. Belum pernah menghasilkan karya tulis ilmiah dan sejenisnya, itu juga masih mirip dengan saya dikit. Intinya, bagi yang bukan penulis ahli jangan khawatir, teruslah berlatih menulis, minmal menulis dalam blog dan media lain. Kualitas menulis boleh saja rendah, tetapi motivasi untuk tetap menulis itu yang tidak boleh padam. Menulis harus menjadi bagian dari keseharian, apalagi seorang guru professional.

Guru professional harus terus membangun keintelektualitasannya. Daya intelektual itu bisa dibangun antara lain dengan menghasilkan tulisan-tulisan. Makin banyak tulisan yang dihasilkan seorang guru - apalagi tulisan ilmiah - akan mankin menunjukkan tingginya kualitas seorang guru. Makin banyak tulisan menunjukkan makin intelek. Guru top lah pokoknya!

Tapi, bukan berarti urusan menulis itu mudah atau gampang. Susah, terutama bagi yang tidak pernah memulai bikin tulisan. Walaupun terdengar janggal bila ada guru yang gak bisa nulis sama sekali. Hehehe, tentu saja guru setiap hari bikin tulisan, tulisan di papan yang dikopi dari buku pegangan guru. Kalau itu yang dilakukan tentu tidak beda jauh dengan trend copy paste. Dekat sekali dengan dunia plagiasi. Memang, ada copy paste yang dianjurkan yaitu dalam bentuk kutipan-kutipan. Memulai menulis adalah satu-satunya langkah awal bagi guru dan siapa yang ingin punya kemampuan penulis. Syukur-syukur bisa jadi penulis top Indonesia.

Keluhan dari para kolega guru tentang menulis ini antara lain macet menulis karena kebanyakan aturan. Koherensinya lah, sistematikanya lah, aturan pengutipannya, dan lain-lain penyumbat saluran motivasi guru untuk tuntas menyelesaikan sebuah tulisan. Kalau anda mengalami benturan-benturan itu, cara mengatasinya gampang banget (anak kecil juga bisa). Bila semua itu mengganggu pikiran anda, tata bahasa menghalangi selera anda untuk menulis tumbuh subur. Pilihannya adalah lakukan kegiatan menulis bebas.

Menulis bebas atau free writing adalah kegiatan menulis tanpa terikat kaidah tata bahasa dan aturan-aturan penulisan. Segala macam teori penulisan yang bikin otak kita kehilangan kata-kata untuk ditulis sebaiknya lupakan saja. Hidupkan laptop anda, ambil pulpen dan kertas, ketiklah, tulislah apa saja yang ingin anda tulis. Gaya tulisan dalam tulisan bebas adalah gaya anda sendiri. Tercipta dengan sendirinya saat otak dan perasaan anda hadir di monitor. Huruf demi hurup menjadi kata, kata menjadi kalimat. Dan tiba-tiba anda tidak menyadari tulisan itu telah selesai.

Telepon berbunyi. Hp jadul ini jadi indah tatkala terlihat panggilan dari Isteri tercinta saya yang tetap cantik meski sudah lebih dari 20 tahun kebersamaan ini. Saatnya menuis bebas kita tutup dan segera meluncur ke pasa kota tua "peureulak", menulis bebas kita ganti dengan ...... bebas...

selamat belajar menulis kawan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar