Rabu, 10 Desember 2014

SEMANGAT BERBAGI GURU EKONOMI



Peudawa, 10 Desember 2014

Berlanjut. Kegiatan berbagi dengan teman-teman guru di Aceh Timur kembali saya lakoni. Kali ini saya memenuhi undangan bu Endang Sriwati, S.Pd. guru Ekonomi SMAN Unggul Aceh Timur. Bu Endang meminta saya untuk mengisi kegiatan MGMP Ekonomi SMA. Beliau dipercayakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Timur menjadi ketua penanggung jawab MGMP Ekonomi SMA di kabupaten Aceh Timur.

Kemarin saya terima telpon dan sekaligus SMS dari Bu Endang. Katanya, teman-teman MGMP Ekonomi meminta saya untuk menjelaskan secara tuntas tentang Penilaian Kinerja Guru (PKG). Materi yang menjadi alternative kegiatan akhir tahun setelah materi K-13 simpang siur, bahkan cenderung akan dihentikan. Kan lucu kalau kurikulumnya sudah diperintahkan stop tetapi MGMP masih terus menerus diisi dengan materi-materi K-13. Lebih tepatnya lagi materi-materi dari bahan tayang para tutor nasional yang diputar lagi di daerah-daerah..hehehe. Jadi, daripada lesu kurang gairah, MGMP diisi dengan materi-materi yang memang sedang dibutuhkan guru, salah satunya tentang PKG ini.

Kegiatan hari ini berlangsung di salah satu ruangan di SMAN 1 Peudawa. MGMP berlangsung dari pukul 10.00 WIB s.d selesai. Tetapi sesi untuk saya hanya sampai jam 13.00 WIB. Jadi ada 3 x 60 menit kegiatan berbagi yang kami laksanakan di sekolah tersebut. Tidak terlalu lama memang, tetapi cukup untuk menambah wawasan guru ekonomi tentang apa dan bagaimana pelaksanaan PKG. Alhamdulillah, lancar.



Tanpa perkenalan saya langsung membuka presentasi (perasaan kayak udah dikenal luas aja). Presentasi dimulai dengan paparan umum PKG. Paparan ini saya sarikan dari Buku 2 Pedoman PKG Kemendikbud. Harus disarikan, karena tidak cukup waktu kalau pedoman itu dibacarakan. Maklum ada 228 halaman. Pastinya butuh waktu lama. jadi cukup dengan 12 slide power point semuanya bisa digambarkan. Masih umum memang, karena penjelasan detilnya akan dilanjutkan pada presentasi tahap dua.

Presentasi kedua saya coba berdiskusi dengan peserta MGMP. Semua peserta duduk secara berpasangan. Saya lihat ada 10 pasang, berarti ada 20 orang peserta MGMP yang hadir hari ini. Satu pasang peseta dilengkapi dengan 1 laptop. Hari gini guru belum berteman dengan laptop tentu sulit sekali hidupnya...piss. Selama lebih dari 60 menit peserta mencoba untuk menggunakan insturmen penilaian dan lembar pengamatan 14 kompetensi kinerja guru. Semua berjalan lancer, Alhamdulillah.

Kegiatan yang terasa begitu singkat, ditutup dengan makan bersama. Menu khas nasi bungkus Peudawa mengisi perut kami. Sekarang sudah ideal, otak sudah diisi, saatnya perut juga dapat jatah.

Sekian, sampai jumpa lagi di kisah berbagi selamnjutnya

Salam MGMP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar