Rabu, 25 Maret 2015

IGI ACEH TIMUR #1

 


Teman-teman IGI Aceh Timur, saya ucapkan terima kasih atas dukungan semuanya terhadap keberadaan organisasi ini. Besok, IGI Aceh Timur akan menginjak usia pertamanya yaitu 1 tahun. Usia yang masih sangat muda, apalagi bagi sebuah organisasi yang bergerak secara mandiri berdasarkan kontribusi guru dan pengurusnya.

Banyak ide muncul dari kalangan internal IGI, tentang bagaimana ulatah pertama ini diperingati. Bagi saya pribadi, tidak ada yang lebih penting di hari ultah pertama ini selain pelaksanan cita-cita IGI "sharing and growing together". Oleh karena itulah maka disepakati kegiatan pelatihan guru blogger dan publikasi artikel secara gratis untuk anggota IGI dan guru-guru yang pernah ikut kegiatan IGI. Alhamdulillah, ternyata ada juga partisipasi dari guru yang tidak termasuk 2 kategori tersebut.

Satu tahun adalah usia yang sangat belia, boleh dibilang masih usia bayi. Bayi IGI yang baru tertatih berjalan ini, dihadapkan pada tantangan yang begitu berat, mendesak dan harus terlibat. Kontribusi IGI yang masih balita ini bukan hanya pada kegiatan peningkatan kompetensi guru tapi juga pelibatan dalam penyusunan konsep-konsep peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Aceh Timur. Beruntung IGI pernah melakukan studi literasi ke kota Surabaya. Kegiatan studi ini memberikan banyak pencerahan yang sebagian dari itu tentunya bisa disodorkan kepada pihak terkait untuk memajukan dunia pendidikan di Aceh Timur.

Pelatihan sederhana yang awalnya ditujukan sebagai penghargaan terhadap komitmen para anggota dan pengurus, pada gilirannya berkembang menjadi gerakan peningkatan kompetensi guru dalam hal penguasaan IT dan berlatih menulis. Saya menyaksikan sendiri kegiatan pelatihan ini di salah satu titik pelaksanaan, luar biasa. Para peserta terdiri dari guru-guru SD, SMP, dan jenjang SMA. Kehausan akan ilmu tentu tidak bisa dipenuhi oleh satu paket kegiatan IGI ini. Para guru tentu harus selalu punya motivasi untuk belajar, berbagi, dan tumbuh bersama.

Kemitraan strategis dengan PGRI dan organisasi profesi guru lain yang ada di Aceh Timur pun sudah mulai dirintis. Kerja sama ini akan nyata dilapangan dimana ada pembagian peran antara organsiasi profesi. Namun bentuk kegiatan bersama ini tentu sangat bergantung dari dinamika kebutuhan masing-masing organisasi itu sendiri.

Saya berharap, acara sederhana yang akan digelar pada 26 Maret 2015 di SMP Negeri 1 Pante Bidari bisa menunjukkan jati diri IGI Aceh Timur yang tidak pelit ilmu dan siap mendampingi para guru untuk belajar. Apapun yang IGI bisa pasti akan dibagikan sampai tuntas kepada semua pihak yang membutuhkan, terutama para guru.  IGI Aceh Timur ada untuk guru dan dunia pendidikan  khususnya di Kabupaten Aceh Timur. Banyak pihak yang belum puas memang. Tetapi itu bukan karena kami tidak mau melakukan yang terbaik. IGI butuh waktu untuk terus memajukan pendidikan di daerah ini. Semoga di usia yagn kesatu ini, IGI Aceh Timur akan semakin dicintai dan didukung kegiatannya oleh insan pendidikan di Aceh Timur.

Selamat hari jadi yang ke-1, semoga IGI Aceh Timur makin berarti.

5 komentar:

  1. selamat milad untuk IGI yang ke-1,ibarat bayi baru bisa berdiri belum bisa merangkak,tapi insyaallah semakin tumbuh dan berkembang IGI akan berjalan dengan lancar sampai tuek,aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih bu melyta lubis, semoga doanya dikabulkan...:D

      Hapus
  2. Selamat Ultah IGI Aceh Timur, semoga berjaya selalu,,,kami tunggu kegiatan - kegiatan mu selanjutnya..............

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih pak ayub, senang sekali IGI aceh timur bisa menemukan talenta muda seperti pak Ayub...

      Hapus