Kamis, 12 Maret 2015

SEKOLAH TERBAIK DI ACEH TIMUR


Sekolah terbaik di Aceh Timur adalah mereka. "Apa indikatornya?" Jawaban terbaru tentu hasil OSN 2015 Tingkat Kabupaten. Sekolah ini berhasil merebut posisi juara untuk 7 mata pelajaran dari 9 mata pelajaran yang dilombakan. Prestasi yang tentu saja sulit untuk dibantah oleh para pesaingnya, minimal di level Kabupaten Aceh Timur.

Sejak diresmikan operasionalnya tahun 2007, SMA Negeri Unggul baru bisa mengikuti kegiatan OSN Tingkat Kabupaten pada tahun 2009. Saat itu saya  masih menjabat sebagai wakil kurikulumnya. Debut pertama di ajang OSN saat itu tanpa target besar, Unggul hanya ditargetkan oleh pak Kepsek, Drs. M. Thaib M. Syah, M.Pd. hanya menjuarai 50% saja. Artinya, bila ada 9 mata pelajaran sains yang dilombakan, unggul minimal juara di 5 mapel. Sejelek-jeleknya mungkin cukup juara di 4 mata pelajaran lah. Namun hasilnya ternyata di luar target, bukan hanya juara di 4 mapel, sekolah ini malah menjadi pengumpul medali terbanyak, meskipun belum juara umum.

 
 
Hampir setiap ada kesempatan saya pastikan mengunjungi sekolah ini, dalam satu bulan saya upayakan minimal 2 kali bisa datang. Waktu kunjungan pagi hari, saya dapati semua siswa dan siswi di sma ini belajar dengan Kurikulum 2013. Sistim kelas berpindah konsisten diterapkan di SMA Negeri unggul aceh timur. Saat kunjungan malam hari, saya mengamati para siswa mengaji. Pengajian antara siswa (putera) dipisahkan dengan pengajian siswi (puteri). Jadi tidak alasan datang  mengaji karena ingin ketemu si dia...hehehe. Nah, hari ini saya kunjungan sore hari. Ternyata kegiatan sore hari ini sangat menyenangkan. Para siswa melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler. Ada pencak silat, karate, bulu tangkis, bola voli, sepak takraw dan basket yang sedang berlangsung dengan penuh ceria. Saya saja bahagia melihatnya.
 
 
Sebetulnya SMA Negeri Unggul Aceh Timur tidak hanya focus pada kegiatan kognitif atau pembelajaran saja. Kegiatan lain seperti bidang olahraga, juga menjadi prioritas dan dilakukan pembinaan yang serius. Bahkan untuk kemajuan bidang olahraga prestasi ini, SMAN Unggul pernah mendatangkan pelatih dari luar. Memang, tujuan kegiatan ektra ini bukan melulu prestasi, kebugaran dan keceriaan para siswa menjadi target yang tidak bisa diabaikan. Para penanggung jawab ekstrakurikuler telah diberikan target-target yang harus dipenuhi. Kabarnya begitu.
 
Di Aceh Timur, jarang sekali ada sekolah punya fasilitas pencak silat, katakanlah matrasnya, yang memadai. Di SMAN Unggu. ini kebetulan ada matras yang akan membuat para pesilat dan atlet karate nyaman berlatih. Jadi, bagi para lulusan SMP yang juga berminat menjadi atlet terkenal, tidak usah ragu masuk ke SMA Negeri Unggul Aceh Timur.
 
 

Fasilitas untuk berolahraga mungkin belumlah sempurna. Namun, dari sisi ketersediaan lapangan, semua olahraga massal yang umum dimainkan di Aceh telah dimiliki oleh sekolah ini. Lapangan basket ini contohnya, meskipun tidak semua siswa memilih bermain basket, tetapi sekolah telah menyediakan lapangan basket yang terletak di bagian tengah sekolah. Asyik lah pokoknya.

Kebersamaan akan terbentuk secara alamiah bila semua kegiatan ekstra kurikuler dijalankan dengan baik. Olahraga bola voli bahkan telah sejak lama dimainkan bersama antara guru, siswa, dan kepala asrrama.

Begitulah sekelumit kisah tentang aktivitas sore hari para siswa di sekolah berasrama ini. Memang masih jauh dari kata sempurna. Tetapi beberapa gambar yang penulis tempelkan di postingan kali ini mungkin bisa memberikan penjelasan umum tentang siapa mereka dan bagaimana mereka belajar seta beraktivitas. Inilah Sekolah Menengah Atas Negeri yang berasrama di Aceh Timur. Sekolah yang diniatkan oleh para pendirinya untuk menjadi laboratorium pendidikan di Aceh Timur masih terus membutuhkan input siswa dan bahkan guru berkualitas.


Hampir lupa, kegiatan baris ber baris juga tetap dilatih. Tim pengibar bendera akan sangat membutuhkan keterampilan berbaris. Oleh karena itu, latihan berbais ini juga menjadi keharusan bagi unggul. Terakhir, selalu ada penggembira. Selesai acara dtutup dengan makan bersama

5 komentar:

  1. Subhanallah, Luar biasa !
    semoga kegiatan2 positif yg sudah ada tetap berlanjut dan terus berkembang kegenerasi selanjutnya :)
    AllahuAkbar ..

    Amel, Syafira, Muntasyir ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua keberhasilan atas kerja sama banyak pihak, guru, siswa dan manajemen sekolah...good job

      Hapus
  2. Saya harus mengakui bahwa SMA Negeri Unggul Aceh Timur adalah sekolah terbaik di Aceh Timur Raya. Jujur saja, bahkan saya belum melihat ada sekolah di Kota Langsa yang selevel dgn mereka. I'm proud of having a chance to teach there ever.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dedi Surya : unggul hanya tahu satu hal "berupaya lakukan yang terbaik", semoga makin banyak dukungan dari banyak pihak agar sekolah ini menjadi jauh lebih lagi prestasinya di masa depan

      Hapus
  3. Luar biasa,,,,semoga pendidikan di Aceh Timur semakin maju,

    BalasHapus