Jumat, 23 Maret 2012

TUGAS PENGAWAS SEKOLAH

A Bimbingan Pembuatan PTK

 

Dimensi Kompetensi Pengawas Sekolah antara lain Kompetensi Penelitian dan Pengembangan. Bila kita cermati Permendiknas No.12 tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah, kompetensi ke delapan dari Dimensi Kompetensi Penelitian dan Pengembangan adalah “Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di sekolah menengah yang sejenis”.

Pengawas Sekolah ada yang belum memiliki pengalaman melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) saat menjadi guru maupun ketika menjabat sebagai Kepala Sekolah. Hal ini membuat pengawas sekolah tidak terlalu cakap memberikan bimbingan kepada guru di sekolah binaan dalam pembuatan PTK.

Penulis memiliki sedikit pengalaman tentang pembuatan PTK saat masih bertugas sebagai guru. Namun demikian, karena PTK ini adalah yang pertama penulis buat, yaitu di tahun 2009, mungkin masih begitu jauh dari sempurna. Oleh karenanya PTK ini nantinya harap disesuaikan lagi dengan perkembangan informasi dari berbagai sumber yang saat ini sudah melimpah tersedia di berbagai media.

Akhirnya, penulis berharap sumbangan kecil ini dapat memberikan motivasi bagi rekan-rekan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah agar dapat meningkatkan motivasi untuk bisa memenuhi Dimensi Kompetensi Ke lima ini. Dan semoga ini menjadi salah satu pelaksanaan tugas penulis dalam memenuhi kompetensi “Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di sekolah menengah yang sejenis”.


Wassalam

2 komentar:

  1. terimakasih, telah berkenan berbagi. contoh-contoh PTK ini sangat berguna bagi kami, semoga ilmu bapak terus bertambah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama pak ilyas..terima kasih atas doanya, amin

      Hapus