Rabu, 06 Mei 2015

PENGALAMAN DARI SEKOLAH MITRA


Ada beberapa yang bisa dipelajari dari sekolah mitra. Sebagian bisa diterapkan di sekolah asal dan tentu saja ada bagian yang belum bisa diterapkan saat implementasi. Berikut beberapa hal yang mungkin bisa kita ambil sebagai program harian di sekolah:

1. Briefing pagi
Sebelum memulai aktivitas PBM, SMA Negeri 3 Semarang melaksanakan briefing pagi. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari 15 menit menjelang bel jam 1 berbunyi. Para guru datang dan langsung masuk ke ruang transit. Ruang ini berisi meja bundar mirp ruang rapat direksi perusahaan perkebunan. Hehehe.
Di ruangan ini, setiap pagi, kepala sekolah memberikan motivasi, informasi terkini serta evaluasi hasil kinerja sekolah hari kemarin. Ada Tanya jawab dan ada juga pemberian hadiah (bila ada). Kegiatan briefing ini memungkinkan informasi apapun dibagikan secara cepat dan akurat, langsung dari sumbernya. Memang ada guru yang terlambat mengikuti kegiatan ini, tetapi jumlahnya makin hari makin berkurang dan jam 1 PBM pun berjalan dengan aman terkendali.

2. Kelas Olimpiade

Setiap tahun sekolah ini langganan jawara OSN, tentus saja di level internasional. Saat kami kunjungan saja, ada 2 siswa yang sedang ikut lomba di Amerika...Hah, Amerika, ke Banda Aceh Aja susah jadi juara.
Rupanya sekolah ini punya kelas olimpiade. siswa di kelas ini berasal dari para juara di SMP. pembinaannya juga luar biasa. para guru pembimbing yang rela tidak dibayar honornya, membina tanpa kenal lelah. Kata mas Agus sang pembimbing "untuk menjadi juara, para peserta harus dibina oleh sang juara juga"... Wow, berarti kita memang harus bermitra dengan para sekolah jawara kalau ingin menjadi juara.

udah dulu yah, nanti sambung lagi...mau ke kantor antar berkas

2 komentar:

  1. semoga juga di Atim pny sekolah mitra yang akan melahirkan jawara2 dari aceh timur

    BalasHapus
  2. Amiin, bila semua bergerak secara bersama-sama dalam sinergitas tinggi, insya Allah bisa...bu Nur

    BalasHapus