Selasa, 05 Mei 2015

PROGRAM KEMITRAAN DARI KEMENDIKBUD


Hotel New Ayunda di puncak bogor menjadi tempat workshop tahap 1 program kemitraan kemendikbud. Cuaca sejuk dan lingkungan yang tenang membuat workshop 4 hari ini berjalan dengan lancar. Gak usah khawatir mengalami keletihan, setiap pagi tukang jamu gendong menawarkan obat kuat bagi yang memerlukannya.

Program ini begitu panjang. Desain awal - menurut keterangan Pak Mamat yang punya gawean - kegiatan ini akan berakhir pada workshop 3 di bulan Oktober 2015. Namun karena akan ada rencana penyegaran di struktur organisasi kemendikbud, barangkali kegiatan kemitraan ini berakhir di bulan puasa yaitu pada bulan Juni 2015. Tentu saja menggunakan gaya sprint 100 M gaya bebas. Biar bisa ke udag.

Berkumpul dengan teman-teman dari 34 propinsi memang seru. Banyak cerita dan kisah inspiratif yang disajikan, baik oleh teman sekamar maupun rekan di bangku sebelah saat workshop. 34 propinsi, dimana tiap propinsi diwakili oleh rata-rata 2 sekolah. Tiap sekolah diwakili oleh 3 orang peserta, yaitu TAS, Kepsek dan Pengawas, tentu saja program ini melibatkan begitu banyak insan pendidikan Indonesia. Kawan sekamar saya yang pengawas, bertugas di Gorontolo, sakti mandraguna, saat jadi guru, anak asuhnya selalu mendapatkan medali emas OSN geografi tingkat naisonal. Pengawas aseli Jawa Tengah ini punya aktivitas unik, sekarang sian jadi pengawas dan malam beliau jualan bakso. Hebatnya semua dagangannya diolah sendiri. Sambil refreshing sekaligus nabung buat mudik tiap tahun. Luar biasa Mr. Sulkan.



Empat hari di puncak kami dikirim ke sekolah mitra1 Sekolah mitra yang kami kunjungi adalah SMA Negeri 3 Semarang. Belajar banyak hal tentang pelaksanaan pendidikan di sekolah ini seolah tak ada habisnya. Saya akan ceritakan satu persatu temuan penting yang mungkin bisa diterapkan di lingkungan sekolah para pembaca semua.Sampai jumpa di bagian dua...mau monev UN lagi....

Thanks buat kemendikbud dan timnya...Pak Mamat, Mbak Ana dan Mbak Sri yang lincah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar