Jumat, 08 Mei 2015

SCIENCE CAMP MENDULANG IDE


Selain unggul di bidang OSN, SMAN 3 Semarang setiap tahun mengirimkan wakil diajang OPSI dan ISOP. Selalu saja ada ide yang berakhir pada penelitian siswa dengan kualitas tinggi. Kabar terakhir sekolah ini menemukan alat deteksi boraks pada makanan menggunakan tusuk gigi. Wow, keren....

Bagaimana mereka menjaga konsistensi? apakah siswa peserta lomba riset ini berasal dari kelas olimpiade, kelas inti atau kelas unggulan? Ternyata tidak. Menurut guru pembimbingnya, Mas Agus, untuk menjadi peneliti tidak melulu siswa yang pintar dari kelas unggulan, siswa dari kelas biasa juga tetap punya potensi tinggi menjadi peneliti dan penulis. Persoalan utamanya adalah pada limpahan ide. Ide-ide yang segar dan otentik adalah kuncinya. Kalau siswa sudah punya ide ini, tinggal bombing sedikit saja langsung jadi risetnya.

Gimana cara dapat ide-ide segar itu?
Jawabannya adalah Science Camp. Siswa yang memiliki hobi meneliti dikelompokkan dalam sebuah kegiatan ekstra kurikuler bidang penelitian. Nah, kelompok ekskul ini lalu diajak berkemah di tempat yang bisa memunculkan ide sesuai dengan topic pada lomba. Perkemahan bisa dilakukan di pantai yang tercemar minyak bumi, ke pegunungan yang baru meletus, kedekat daerah pembuangan sampah, dan lain-lain. Peserta camp diminta untuk menemukan 2 ide yang bisa dijadikan cikal bakal judul penelitiannya nanti.

Ide-ide dari science camp dipertajam lagi saat diskusi di sekolah dengan pembimbing. Kunci akhirnya memang ada di pembimbing. sekolah yang memiliki pembimbing yang ikhlas membina, akan lebih besar peluangnya untuk menghasilkan siswa peneliti. Kebanyakan pembimbing mengejar uang atau bonus materi. Ini berbeda dengan pembimbing OPSI di SMAN 3 Semarang, sering gak ada honornya. Tetapi pak guru pembimbing ini cukup diberi imbalan kebahagiaan saja saat siswa binaannya menjadi juara.

Kita butuh ide, tetapi tetap saja kita jauh lebih  membutuhkan guru pembimbing yang dapat menjaga ide dan mengembangkannya menjadi judul/topic penelitian top. Jadi terserah anda sekarang mau mulai dari mana...

selamat meneliti


Tidak ada komentar:

Posting Komentar