Minggu, 12 Januari 2014

SMKN 1 IDI MENATA DIRI

Pengawas bersama Wk Hubdin
Hari sabtu, tanggal 11 Januari 2014 penulis melakukan kunjungan ke SMKN 1 Idi. Hari itu merupakan hari ketiga efektif Semester Genap Tahun pelajaran 2013/2014 di Kabupaten Aceh Timur.

Meskipun beberapa Kabupaten/Kota tetangga memiliki perbedaan dalam hal jumlah hari libur semester ganjil, sehingga ada perbedaan permulaan semester genap.

Wk. Manajemen Mutu
Tepat pukul 09.30 WIB saya tiba di SMKN 1 Idi. Tidak terlihat ada aktivitas pembelajaran, meskipun nampak beberapa orang siswa berseragam yang berada di pekarangan sekolah. Setelah memarkirkan kenderaan dinas roda dua, saya langsung menuju kantor. Suasana di kantor berubah drastis, ternyata sedang dilakukan penataan ruang tata usaha. Ruang dewan guru dipindah ke ruangan baru, sedangkan ruangan lama disulap menjadi ruang wakil dan para kajur.

Kedatangan saya disambut oleh seorang ibu yang menurut dugaan saya bukan dari tenaga pendidik/guru. Ternyata benar, beliau adalah staf tata usaha. Di ruang wakil / kajur ini saya berdiskusi dengan bu Ella (Wakil Manajemen Mutu) dan pak Asnawi (hubdin). Diskusi-diskusi lepas berlangsung sekitar 1 jam. Kebetulan di ruangan tersebut ada Televisi baru, jadi bisa sambilan juga liat perkembangan kasus Anas yang sedang heboh di Jakarta.
Suasana di ruang guru
Penulis juga sempat berkunjung ke kantor dewan guru yang baru, dan ternyata ruang guru di dominasi oleh guru perempuan, guru laki-laki sepertinya tidak banyak yang hadir. Kegiatan para guru hanya ngobrol biasa, terlihat juga ada guru yang sedang membaca majalah menyerupai katalog produk barang ternama.

Di depan kelas terlihat beberapa orang siswa sedang bergotong royong memindahkan kursi dan meja. Kabarnya barang-barang tersebut baru diterima dari Dinas. Ada lokal baru, sehingga butuh tambahan meja kursi untuk siswa belajar.

Kepsek SMKN 1 Idi, Dokumen 1&2
Selesai berkeliling, penulis melakukan diskusi panjang dengan Kepala Sekolah. Perlu penyamaan persepsi tentang pembinaan SMKN 1 Idi. Ini penting dilakukan antara pengawas dengan kepala sekolah, mengingat sekolah ini adalah satu-satunya SMK yang ada di Ibukota Aceh Timur. Semoga kegiatan penataan diri yang terpantau oleh pengawas dalam kunjungan sabut kemarin itu menjadi pertanda bagus bangkitnya mutu SMKN 1 Idi menuju  sekolah kejuruan yang profesional dan terbaik di Aceh Timur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar