Rabu, 17 September 2014

PENDAMPINGAN KURIKULUM 2013

Hari ini adalah hari ketiga kegiatan Bimtek Pendampingan kurikulum 2013 bagi fasilitator tingkat kab/kota jenjang pendidikan menengah di Banda Aceh. Pertemuan ini berlangsung di Hotel Sultan Banda Aceh, mulai tanggal 16 s.d 20 September 2014. Acara hari pertama dan kedua berlangsung sukses dengan materi utama tentang Manajemen Perubahan dan Kegiatan Kepramukaan.
Pada hari ketiga kegiatan dimulai dengan bahasan Supervisi Akademik Para peserta yang terdiri dari unsur Pengawas Sekolah, Kepala SMA, dan Kepala SMK masih semangat masuk dalam ruangan, meskipun gangguan kecil datang saat materi (soft copy) baru dibagikan oleh ketua kelas sesaat setelah kegiatan dimulai.
Tim fasilitator terdiri dari para pemateri yang sudah dilatih di Jakarta beberapa waktu lalu. Meski telah berusaha semaksimal mungkin, nampaknya fasilitator kewalahan sebab peserta dalam ruangan terlalu banyak, lebih dari 60 orang.
Tidak ada hal baru dari sisi materi, hampir semua materi sudah pernah disajikan pada kegiatan pelatihan kurikulum 13 sebelum-sebelumnya. Hal ini sedikit banyak mendatangkan kejenuhan pada peserta. antusiasme peserta melemah seiring turunnya energi karena aktivitas pelatihan monoton. 
Menjelang pukul 10.00 WIB materi  Superman dan supak mulai dibelajarkan. Mulai semangat lagi karena sesuai dengan kerja harian pengawas sekolah. Ketemu lagi dengan format-format supervisi. Oh ternyata apapun kurikulumnya, kerjanya pengawas sama "isi instrumen".
Semoga hari keempat ini ada penambahan baru, baik pengetahuan dan keterampilan. Bimtek akan dilanjutkan pada hari keempat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar